Contoh Penulisan Sususnan Makalah Yang Baik dan Benar

Contoh Penulisan Susunan Makalah Yang Baik dan Benar

Posted on

Contoh penulisan susunan makalah yang baik dan benar mungkin saja bukan lagi informasi yang tabu untuk banyak orang. Banyak buku atau pun artikel yang membahas maslah ini. Materi tentang ini pun telah di bahas dalam pelajaran sekolah sejak sekolah dasar hingga menginjak bangku kuliah pastinya materi ini selalu ada dalam pembahasan.

Namun, pada kenyataanya meski pun telah di bahas selama bertahun tahun, banyak orang yang masih bingung dalam membuat makalah yang baik dan benar ini. Padahal, makkalah merupakan salah satu karya ilmiah yang seharusnya menyampaikan informasi yang dapat di mengerti dengan mudah oleh pembacanya.

Dalam hal ini, pengetahuan dan pemahanan akan penulisan makalah yang baik dan benar ini sebnarnya sangat mudah untuk di pamami jika anda mampu menyimak materinya dan kemudian di afdolkan dengan praktiknya. Nah, untuk lebih memberikan pemahaman kepada anda kali ini saya akan mengulas tentang contoh penulisan makalah yang baik dan benar.

Menyusun Kerangka Makalah dengan Tepat dan Sistematis

Contoh Penulisan Sususnan Makalah Yang Baik dan Benar

Dalam membuat makalah yang baik dan benar, tentunya anda tidak bisa menulis dengan seenaknya seperti mengarang bebas. Namun, dalam menulis makalah setiap kata dan Bahasa yang anda gunakan haruslah sesuai dengan EYD serta dapat di mengerti dengan mudah oleh para pembacanya.

Selain itu, anda harus mengentahui apa saja unsur unsur yang seharusnya ada dalam dalam sebuah makalah. Nah, unsur unsur tersebut dapat di susun menjadi kerangka makalah. Kerangka makalah ini haruslah disusun secara sistematis dan berutan dalam sebuah makalah. Nah, berikut ini adalah susunan kerangka makalah :

1. Cover dan judul makalah

Yang pertama di lihat dari sebuah Makalah adalah cover dan judulnya. Untuk itu dalam hal ini anda harus berusaha membuat judul yang menarik dan harus benar benar menggambarkan isi dari makalah tersebut. Sementara untuk covernya sendiri, anda harus mengusahakkan membuat cover yang menarik dan enak di lihat.

Menarik disini bukan berarti anda harus membuat cover dengan gambar gambar seperti cover majalah atau pun novel. Tetapi, setidaknya cover makalah ini harus di buat rafi dan tersusun baik. Dalam cover, selain ada judul makalah biasanya juga memuat nama penulis, logo lembaga, nama lembaga dan tahun pembuatan makalah.

2. Daftar isi

Setelah cover, tentunya kamu akan harus menyusun daftar isi. Dafatar isi ini berisi tentang informasi halaman. Tujuan di buatnya daftar isi ini adalah untuk memeberikan informasi kepada pembaca tentang halaman dan memudahkan pembaca dalam menemukan informasi yang mereke butuhkan dalam artikel tersebut.

3. Kata pengantar

Kata pengeantar adalah satu bagian dari makalah yang juga sangat penting. Dalam kata pengantar ini selain memuat garis besar dari isi alam makalah juga biasanya memuat ucapan terimakasih dari penulis untuk lembaga atau pun seseorang yang membantu dalam penulisan susunan makalah tersebut baik secara moril mau pun materi.

Selain itu pada awal kalimat dalam kata pengantar ini biasanya berisi ucapan puji syukur kepada tuhan atas segala anugrahnya. Sedangkan pda akhir kalimat kata pengantar memuat harapan penulis yang mengharapkan makalahnya dapat bermanfaat untuk pembaca.

Setelah semua unsurnya tetulis, barulah penulis memberikan tempat, tanggal, tanda tangan dan nama penulis yang di letak kan di pojok bawah halaman ini.

4. Pendahuluan

Bagian pendahuluan adalah bagaian yang menjelaskan topik keseluruhan dalam makalah. Dalam hal ini biasanya di tulis sesuai pandangan dan pendapat penulis. Dalam bab pendahuluan ini biasanya memuat 3 sub bab yakni latar belakang, rumusan masalah dan tujuan pembahasan.

Latar belakang dalam bab ini membahas latar yang membelakangi kenapa makalah tersebut di tulis atau lebih jelasnya merupakan alasan alasan di buatnya makalah tersebut. Rumusan masalah berisi tentang semua rumusan masalah yang ingin di cari bagaimana tidakk lanjutnya setelah penemuan masalahnya.

Sedangkan tujuan pembahasan berisi tentang tujuan di tulisnya makalah tersebut misalanya untuk melaporkan penelitian atau pun untuk memenuhi tugas yang di berikan oleh guru atau pun dosen.

5. Isi makalah

Setelah melewati berbagai bab yang membahas garis garis besar dari makalah, kini sampailah anda pada bagian isi. Yakni bagian pokok dari sebuah makalah. Dalam bagian ini memuat pembahasan yang mencakup segala permasalahan dalam penelitian. Mulai rumusan masalah, tindakkan yang di lakukan Dalam penelitian hingga hasil dari penelitian yang di lakukan.

Dalam penulisan isi biasanya di buat dalam beberapa bab yang membahas secara detail tentang setiap masalah dalam setiap babnya. Landasan teori, ulasan materi dan penyelesain masalah juga di bahas dalam bagian ini.

6. Kesimpulan dan saran

Kesimpulan dalam makalah berisi tentang penjabaran hasil dari penelitaian yang di lakukan. Dalam bagian ini membahas kembali mulai dari rumusan maslah namun dalam bentuk yang lebihn ringan yang kemudian memaparkan hasil penelitian yang anda lakukan.

Sedangkan dalam bagian saran anda memberikan saran kepada pembaca makalah yang berisi anjuran untuk mengaplikasikan hasil penelitian dalam kehidupan sehari hari ataun menyarankkan untuk lebih mengembangakan penelitian yang anda lakukan.

7. Penutup

Dalam bagian penutup ini, biasnya menulis menjabarkan kesan dan pesannya serta ucapan terimaksih kepada para pembaca. Selain itu, permintaan mohon maaf atas segala kesalah baik dalam penulisan mau pun Bahasa juga di muat dalam bagian ini.

Penutup juga berisi tentang harapan penulis kepada pembaca yang mengharapkan pembaca dapat memahami isi makalah yang ia tulis dan kemudian mmengaplikasinya dalam khidupan sehari hari. Dengan begitu, penulis akan merasa bahwa makalahnya bermanfaat bagi pembaca mau pun masyarakat lainnya.

8. Daftar pusaka

Bagian terakhir yang tidak boleh dilupakan dalam pembuatan Makalah adalah bagian daftar pusaka. Bagian daftar pusaka ini memmuat berbagai sumber yang anda gunakan dalam pembuat makalah ini. Misalnya sumber yang berasal dari buku yang harus anda tulis judul dan pengarangnya.

Selain itu, sumber sumber yang anda dapatkan dari internet juga jangan lupa untuk meliskan alamat situs websitenya dalam daftar pusaka ini.

Itulah sedikit pembahasan tentang contoh penulisan makalah yang baik dan benar. Pada intinya dalam membuat makalah anda harus memperhatikan struktur makalah dan harus memperhatikan penulisan dari mulai jenis huruf, besar huruf serta kalimat demi kalimatnya perlu di perhatikan demi kemudahan pembaca dalam memahami isi makalah.

Selain itu, pembahasan yang anda bahas dalam makalah juga harus benar benar anda lakukan penelitian sehingga jika anda mengajukan contoh anda dapat memberikan contoh real bukan contekan atau pun contoh yang anda kutip dari penelitian orang lain.

Satu hal lagi yang sangat penting adalah jangan lupa untuk meminta saran dan kritik tentang makalah yang anda tulis kepada orang orang sekitar terutama pembimbing anda. Semoga artikel contoh penulisan susuan makalah ini bermanfaat bagi anda yang membacanya. Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply