Obat Batuk Alami Untuk Ibu Hamil

Inilah Obat Batuk Alami Untuk Ibu Hamil Yang Paling Ampuh

Posted on

Obat batuk alami untuk ibu hamil mungkin adalah informasi yang sangat penting bagi anda yang sedang hamil atau pun anda snag suami yang memilki istri hamil. Pasalnya, pada saat hamil, tubuh ibu menjadi tambah sensitif terhadap bermacam macam penyakit. Seperti halnya batuk, demam, dan sakit perut  Kondisi tubuh ibu sering kali tidak stabil. Dalam keadaan sakit, tentunya ibu tidak bisa dibiarkan dengan sepele, karena keadaan ibu sangat mempengaruhi pada bayi yang dikandung. Tentunya ibu harus berobat untuk tetap menjaga kesehatan tubuhnya. Namun, pada masalah berobat, anda harus pintar memilih pengobatan yang aman untuk bayi anda, karena tidak semua obat kimia aman untuk kandungan, maka solusi terbaik adalah dengan mengkonsumsi obat alami. Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai obat alami untuk ibu hamil.

Obat batuk alami yang aman untuk ibu hamil

Obat Batuk Alami Untuk Ibu Hamil

Kehamilan adalah hal yang di tunggu tunggu oleh pasangan suami istri. Untuk itu, pada saat hamil, penjagaan terhadap kehamilan selalu menjadi prioritas. Selain memikirkan kesehatan ibu, anda juga harus memperhatikan kesehatan bayi. Kesehatan bayi, sangat di pengaruhi oleh kesehatan ibunya. Untuk itu, ibu harus snagt menjaga kesehatanya mengingat ibu yang sdang hamil sangat rentan tersrang penyakit seperti batuk. Pada saat batuk, perhatikan cara pengobatan yang akan anda usung, jangan sampai pengobatan yang anda lakukan menjadi bahaya untuk bayi anda. berikut ini obat batuk alami yang aman untuk ibu hamil :

  1. Lemon dan jeruk nipis

Pengobatan batuk yang aman untuk ibu hamil yang pertama adalah dengan lemon dan jeruk nipis. Lemon dan jeruk nipis memang telah lama di kenal sebagai obat batuk yang lumayan ampuh. Hal ini disebabkan karena kandunga vitamin C yang anda di dalamnya yang dapat menetraliris virus penyebabbatur serta melegakan tenggorokan.

Caranya sangat mudah, jika menggunakan jeruk nipis anda tingga membagi jeruk nipis tersebut menjadi 2 bagian lalu peras airnya, kemudain masukan kecap manis dan campurkan hingga merata. Konsumsi racikan tersbut secara rutin hingga terasa efek yang lebih baik. Sedangkan jika menggunakan lemon, anda tinggal memotong lemon tersebut kemudian tambahkan garam dan lada hitam lalu anda tinggal menghirupnya dan lakukan dengan rutin hingga batuk terasa membaik. Selain itu, anda juga dapat menjadikannya obat kumur dengan cara menyiapkan air garam hangat, perasan lemon dan tambahkan madu lalu gunakan untuk berkumur.

  1. Jahe dan kencur

Jahe dan kencur memang salah satu obat alami yang sangat terkenal dapat menyembuhaan berbagai penyakit. Salah satunya adalah batuk. Selain dapat mengobati berbagai penyakit tanpa efek samping, jahe juga aman di konsumsi oleh ibu hamil. Jahe sangat bermanfaat untuk menghangatkan tubuh dan melegakan tenggorokan.

Caranya tidak terlalu sulit anda tinggal menyiapkan 2 ruas jahe dan 4 ruas kencur kemudian iris dan cuci hingga bersih lalu rebus dengan 2 gelas air, biarkan smapi mendidih dan airnya menyusut hingga 1 gelas. Minum ramuan tersebut secara teratur sebanyak 3 kali sehari hingga batuk membaik.

  1. Daun sirih, sldri dan kemangi

Obat batuk alami untuk ibu hamil slanjutnya adalah daun dengan bau yang sangat khas yakni daun sirih, daun seledri dan daun kemangi. Pengobatan dengan daun  daun ini memang belum di kenal oleh banyak orang, padalah manfaatnya sangat banyak untuk membantu meredakan batuk. Caranya sangat mudah untuk daun kemangi anda tinggal merebusnya dan mengkonsumsinya secara rutin.

Sementara untuk daun seledri anda bisa merebusnya dan menambahkan beberapa tetes madu pada air rebusannya dan kemudaian konsumsi ramuan tersebut secara rutin. Selain itu daun sirih juga dapat menjadi alternative obat batuk yang aman untuk ibu hamil caranya rebus daun sirih dan tambahkan bebrapa irisan jahe kemudian konsumsi ramuan tersebut secara rutin. Ramuan campuran jahe dan daun sirih dapat membantu meredakan batuk, mengurangi gatal tenggorokan serta dapat mengahangatkan.

  1. Kunyit dan garam

Obat batuk yang aman bagi ibu hamil selanjutnya adalah dengan menggunakan kunyit dan garam. Air garam yang hangat dapat mengurangi rasa gatal pada tenggorokan sedangkan kunyit berfungsi untuk melancarkan dahak. Sehingga campuran kunyit dan garam dapat mengobati batuk berdahak.

Caranya mudah saja, campurkan satu sendok kunyit bubuk dengan air garam yng hangat kemudain konsumsi secara merutin. Selain dapat di padukan dengan air garam, the kunyit juga dapat di sajikan dengan susu dengan ditambahkan satu tetes madu.

  1. Madu dan peppermint

Alternatife yang dapat diajadikan obat batuk selanjutnya adalah dengan konsumsi madu dan peppermint. Pengobatan ini telah digunakan oleh orang jawa sejak zaman dahulu. Campuran madu dan peppermint dapat mengobati batuk dalam waktu yang singkat tanpa efek samping yang biasa dirasakan saat anda mengkonsumsi obat batuk kimia.

Caranya hanya dengan menyeduh madu yang di kombinasikan dengan peppermint dengan air panas dan tambahkan mentol kemudian konsumsi secara rutin hingga batuk mereda.

Hal hal yang harus dilakukan untuk mengurangi batuk

Hal hal yang harus dilakukan untuk mengurangi batuk

Selain meminum obat, ada beberapa treatment yang harus anda lakukan untuk mengurangi batuk yang sedang anda derita. Berikut ini adalah hal hal yang harus dilakukan untuk mengurangi batuk :

  1. Perbanyak cairan

Perbanyak cairan dnegan konsumsi air putih yang cukup minimal 8 gelas untuk setiap harinya. Perbanyakan cairan berfungsi untuk membantu proses penymbuhan dengan mempercepat proses pemulihan infeksi pada saluran tenggorokan. Selain itu, air putih sangat berperan dalam proses kelancaran metabolisme dan juga membantu perkembangan janin dalam rahim. Pilihlah air hangat untuk membantu penyembuhan batuk dan hindari air es yang dapat memperparah batuk yang anda derita.

  1. Menghirup uap panas

Hal yang dapat menyembuhkan batuk selanjutnya adalah cara yang sangat sederhana dan tradisional. Caranya dengan menghirup uap panas. Caranya, didihkan hair dan tuangkan ke dalam wadah. Setealh itu letakan wajah anda sekitar 30 cm di atas air yang baru saja mendidih kemudaan hirup uap yang kluar dari air tersebut. Dan jangan lupa untuk menutup kepala anda dengan handuk. Lakukan dalam beberapa menit hingga merasakan perbaikan pada pernapsan anda.

  1. Perbanyak waktu istirahat

Ketika batuk menyerang ibu, tentunya imun pada tubuh ibu juga menurun. Penurunan daya tahan tubuh ini adalah dampak negative dari perlawanan tubuh terhadap virus dan bakteri yang menyebabkan batuk dan filek. Utnuk itu, dalam menajga daya tahan tubuh ibu harus memperbanyak atau pun istirahat yang cukup.

  1. Cukupi asupan vitamin C

Selain dengan memcukupi waktu istirahat, anda juga harus mencukupi asupan vitamin c yang dapat menambah daya tahan tubuh. Anda dapat mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung vitamin c seperti buah buahan dan sayuran.

Baca artikel lainnya : Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil

Itulah sedikit pembahasan tentang obat batuk alami untuk ibu hamil. Pada dasarnya pengobatan tradisonal akan lebih aman untuk anda dan bayi anda. mengkonsumsi obat obatan kimia saat hamil dapat menyebabkan kerusaan organ pada bayi sehingga bayi beresiko mengalami cacat mental atau pun fisik. Selain itu, juga dapat menyebabkan keguguran.

 

Leave a Reply