Menu Makanan Untuk Bayi 6 Bulan

Inilah Menu Makanan Untuk Bayi 6 Bulan Yang Harus Bunda Tahu

Posted on

Untuk menu makanan bayi pada usia 6 bulan memang sangat perlu sekali untuk di perhatikan, selain ASI menjadi menu utama, kini apabila sang bayi sudah menginjak usia enam bulan pertama maka untuk selanjutnya ia sudah bisa untuk di berikan makanan pendamping ASI atau sering juga di sebut dengan MPASI.

Pada usia enam bulan sang bayi sudah mampu memproduksi enzym-enzym pencernaan, sehingga pada usia ini ia sudah mampu mencerna makanan selain ASI. Pemberian MPASI dapat menurunkan dari resiko alergi dari makanan untuk bayi jika di berikannya tepat pada usia enam bulan ke atas, mengapa ? ya itu alasannya karena seperti yang telah saya katakan tadi bahwa pada usia enam bulan ini sistem pencernaanya sudah mulai sempurna yang akan menghasilkan iga, yaitu protein immunoglobin yang memilki peranan penting yakni berperan dalam melindungi seluruh sistem pencernaannya. Meskipun IgA dapat di hasilkan oleh ASI akan tetapi produksinya rendah, sehingga ada kemungkinan sang bayi mengalami alergi makanan jika di beri MPASI pada usia di abwah enam bulan. Selain itu pada usia enam bulan bayi sudah mengalami perkembangan dalam menggerakan makanan hingga dapat mendorong makanan dari depan ke belakang mulutnya. Maka dengan mekanisme seperti ini akan mempermudah ia untuk menelan MPASI yang di berikan ibu.

Menu Makanan Untuk Bayi 6 Bulan

Lalu nutrisi apa saja yang di butuhkan bayi pada usia enam bulan?

Pada usia enam bulan ini merupakan awal bai sang bayi untuk mengenal asupan nutrisi selan ASI, sehingga untuk pemberian MPASI haruslah benar benar di sesuaikan denagn tumbuh kembang sang bayi. Nah berikut akan saya beriakn berbagai jenis nutrisi yang di butuhkan sang bayi pada usia enam bulan pertama dan selanjutnya.

  1. Lemak

Lemak di butuhkan sang bayi sebagai sumber energi cadangan. Menyediakan asam lemak esensial dan vitamin yang larut dalam lemak merupakan kepentin gan nutrisi yang ahrus di cukupi dalam pertumbuhannya yang sudah menginjak enam bulan. Lemak yang di hasilkan dari ikan sangat baik sekali untuk perkembanagan dan pertumbuhan bayi pada usia ini.

  1. Karbohidrat

Asupan karbohidrat merupakan sumber energi pertama yang di butuhkan bayi untuk menyediakan energi selain ASI. Untuk karbohidrat pada bayi yang masih berusia enma bulan di butuhkan kira kira 68,75 gram sampai 89,39 gram. Untuk memnuhi asupan karbohidratnya bisa di hasilkan dari beras putih dan beras merah. Anda bisa mengolahnya dengan di buatkannya menjadi bubur.

  1. Protein

Sedangkan untuk protein, protein akan membantu dalam memelihara dan memperbaiki jaringan tubuh pada sang bayi sehingga ia akan mampu untuk mengontrol funsi tubuhnya oleh bantuan enzym. Protein yang di dapatkan dari ikan laut meruapak salah satu jenis protein yang baik untuk pertumbuhan si kecil namun anda juga harus memilah milih ikan denagn kandungan mercury nya yang rendah seperti hal nya iakn salmon atau ikan air tawar seperti iakn lele. Daging ayam giling, daging sapi, juga bisa menjadi campuran bubur untuk dia dalam melewati masa pertumbuhannya pada usia enam bulan ini.

  1. Mineral dan vitamin

Hampir semua jenis vitamin di butuhkan oleh tubuh entah itu tubuh orang dewasa atau pun bayi usia enam bulan sekalipun. Jenis vitamin yang banyak di butuhkan pada bayi usia enam bulan ini yakni vitain A, B, E, K, D dan vitamin C. Vitamin tersebut bisa di hasilkan dari berbagai jenis sayuran seperti bayam, labu siam, brokoli, seledri, tomat dan wortel. Adapun sumber buah-buahan yang di sarankan di berikan untuk bayi berusia enam bulan adalah mangga, semangka, pisang, pepaya, alpukat dan buah pir.

Cara membuat makanan untuk bayi berusia enam bulan

Makanan pendamping ASI atau MPASI sebaiknya bertekstur lebih cair dan lembut. Hindari menggunkan perasa seperti MSG dan gula. Dan berikut akan saya berikan berbagi resep menu makanan sehat untuk bayi yang masih berusia enam bulan.

  1. Resep bubur biskuit bayi

Resep ini merupakan resep makanan bayi untuk usia enam bulan yang paling simple dan udah, karena hanya membutuhkan biskuit sebagai makanan utamanya. Biskuit yang terdapat di pasaran ini dapat anda tambahkan dengan menghaluskannya dengan air atau juga bisa menggunakan air susu ibu. Periksa label kemasan, pilih biskuit yang kadar gula nya rendah dan kandungan gizinya tinggi.  Meskipun resep ini paling mudah namun sebaiknya jangan terlalu sering anda memberikan menu makanan ini pada si kecil karena di takutkan kandungan gula dan bahan pengawet pada biskuit ini ikut di konsumsi juga oleh si bayi.

  1. Resep bubur susu

Resep bubur susu ini tidak kalah mudahnya dengan resep bubur biskuit. Bubu susu in i dapat di jadikan uji coba pertama yang dapat ibu lakukan untuk pemberian makanan pendamping ASI. Dan berikut cara membuat bubur susu untuk bayi usia enam bulan. Langkah pertama ibu larutkan 3 sendok makan tepung beras halus dengan sekitar 50 ml susu formula, aduk sampai rata kemudian panaskan dengan api kecil sambil di aduk hingga matang dan bertekstur kental. Diamkan hingga suhu menurun dan terasa hangat. Hidangkan dan bubur susu pun sudah dapat anda berikan untuk makan si kecil

  1. Resep bubur buah

Resep bubur buah ini sangat di anjurkan untuk bayi berusia enam bulan, anda mungkin athu sendiri selain tinnginya kandungan vitamin yang di peroleh dari buah ii juga lebih aman karena anda sebagi ibunya dapat mengontrol sendiri asupan gula dan bahan tambahan lain yang akan di konsumsi sang bayi. Dan inilah cara membuat resep bubr buah yang dapat anda lakukan di rumah bersama si kecil.

Langkah pertama yakni larutkan satu sendok makan tepung beras merah ke dalam air secukupnya usahakan jangan terlalu encer, aduk rata dan hindari agar si bubur tidak menggumpal. Masak di atas api kecil sambil terus dia duk hingga matang dan masukan sekitar 50 gram buah yang telah di hancurkan sebelumnya, untuk jenis buah itu sendiri anda bisa memilihnya yakni bisa pepaya, mangga, pisang, alpukat dan apel. Hindari buah yang terlalu asam seperti jeruk atau sirsak. Panaskan sebentar agar kandungan vitaminyya tidak rusak. Angkat lalu aduk rata, kemudian biarkan hingga suhu menurun dan terasa agak hangat, tuangkan sekitar 100 ml ASI atau susu formula kemudian aduk rata, dan bubur buah pun siap untuk di hidangkan.

  1. Resep bubur sayur

Untuk resep bubur sayur kali ini akan saya berikan dengan menu berupa sayur wortel dan labu kuning, selain warna nya yang cerah jenis sayuran dua ini juga lebih berasa dari pada jenis sayuran lainnya. Untuk pembuatan bubur sayur ini yang perlu ibu ketahui adalah hindarilah memasak terlalu lama, agar gizi pada sayuran tidah hilang dan rusak karena pemanasan. Dan berikut cara membuat resep bubur sayur untuk bayi berusia enam bulan

Pertama tama larutkan satu sendok makan tepung beras merah halus ke dalam air secukupnya usahkan jangan terlalu encer, aduk rata dan hindari agar tidak sampai menggumpal. Masak di atas api kecil sambil terus di aduk hingga merata dan matang, Hindari memasak terlalu lama agar gizi pada sayuran tidak rusak dan hilang percuma karena pemanasan. Masukan sekitar 50 gram sayur yang telah di kukus dan di hancurkan sebelumnya menggunakan blender, panaskan sebentar agar kandungan vitamin tidak rusak. Angkat lalu aduk hingga merata. Biarkan hingga suhu menurun dan terasa agak hangat. Tuangkan sekitar 100 ml ASI atau susu formula. Aduk rata kemudian tuang ke dalam mangkuk bayi dan bubr sayur pun siap di hidangkan menjadimenu makan pagi si kecil, untuk menggugah selera si kecil ibu bisa menambahkan taburan seledri di atas bubur sayur tersebut.

  1. Resep bubur susu kentang

Resep bubur susu kentang kali ini saya sarankan menggunkan kentang manis sehingga si kecil tidak bosan dengan rasanya. Namun jika tidak memungkinkan dapat anda juga gunkaan kentang biasa. Untuk kentang yang tidak di kupas kulitnya sebenarnya lebih tinggi akan kandungan gizinya hanya saja hal kentang jenis ini tidak di perkenankan untuk bayi terutama bayi yang masih berusia enam bulan. Kentang sebaiknya di kupas terlebih dahulu sebelum di masak jika akan di buat bubur. Dan berikut inilah cara membuat bubur susu kentang yang bagus untuk asupan masa pertumbuhan dan perkembangan si kecil

Cara membaut bubur susu kentang ini adalah yang pertama anda kupas satu buah kentang dan kukus hingga matang dan empuk, hancurkan kentang denagn blender lalu campur dengan menggunakan 100 ml ASI atau bisa juga dengan menggunakan susu formula. Tabahkan satu sendok makan tepung beras halus kemudian tambahkan lagi 50 ml air yang sudah matang. Aduk rata hingga tidak ada bahan yang menggumpal. Masak dengan api kecil sambil di aduk hingga merata. Angkat dan tunggu hingga suhu nya menurun. Dan bubur susu kentang pun sudah siap di sajikan untuk menu makanan si kecil.

  1. Resep bubur kacang

Resep bubur kacang untuk bayi berusia enam bulan kali ini beredar denagn sebelumnya yang kebanyakan memakai tepung beras sebagai pengental atau tambahan. Untuk bubur kacang ini sendiri, kacang yang di pakai bisa berupa kacang polong, kacang hijau dan kacang merah. Namun untuk ibu yang memasaknya juga perlu berhati hati karena ada beberapa bayi yang alergi dengan berbagai jenis kacang.

Cara membuat bubur kacang ini sendiri yaitu, rebus sekitar dua sendok makan kacang yang akan di pasak. Dengan sekitar 200 ml air hingga matang dan empuk. Kemudian hancurkan kacang hingga halus lalu saring kulit dari kacang tersebut, campurkan air bekas rebusan kacang dan tambahkan sekitar 100 ml susu formula atau ASI. Tuang ke dalam mangkok dan tunggu hingga suhu nya menurun

Nah dan itulah ulasan singkat mengenai menu makanan untuk bayi usia enam bulan yang dapat saya berikan semoga dapat bermanfaat bagi ibu di rumah. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply