Makanan Sehat Untuk Bayi

Inilah Menu Makanan Sehat Untuk Bayi

Posted on

Menu makanan sehat untuk bayi memang harus penting di perhatikan sekali, pengenalan makanan merupakan tahapan pentingan dalam tumbuh kembang sang bayi. Kita memang sudah tahu bahwa pengenalan makanan pendamping Asi di mulai pada bayi berusia enam bulan yaitu dengan konsistensi cair dan juga menyerupai ASI. Namun untuk bayi yang lebih tua yakni di atas enam bulan dan  kadang kita bingung dengan menu makanan apa yang baik dan sehat untuk menu makanan si kecil.

Bayi memiliki perut yang masih kecil dan belum terlalu kuat. Setiap makanan yang masuk ke dalam perut si kecil maka harus ibu atur baik baik. Ada berbagai hal yang sangat perlu kita pertimbangakn dalam setiap pemberian makanan untuk si kecil entah dari gizi, tekstur dan keamanan makanan tersebut. Mari kita bahas satu persatu menenai pemberian menu makanan sehat untu bayi.

Setiap tahapan pada usia bayi memiliki jenis makanan yang berbeda beda seperti pada usia bayi enam bulan bayi hanya di perbolehkan mengkonsumsi cair seperti ASI ataupun susu formula, selanjutnya memasuki usia enam sampai dua belas bulan kini bayi sudah bisa di berikan makanan yang bertekstur keras seperti bubur dan buah buahan yang di lunkaan dan lepas dari satu tahun kita sudah bisa memberikannya makanan yang bervariasi kepada si bayi seperti potongan buah dan berbagai sayuran berprotein dan berkalsium tinggi. Yang perlu diingat selalu perhatiakn ke higienitas makanan tersebut.

Kehiginitasan makanan dapat di lihat pada saat anda memilih menu bahan makanan untuk si kecil. Maka akan lebih baik jika anda memasaknya sendiri denagn ebrbagai menu yang dapat anda sajikan sendiri untuk si kecil dengan variasi menunya yang beragam dan penuh akan gizi. Bahan menu makanan yang baik untuk bayi biasanya terdiri atas beras merah, ayam, daginga, hati dan ikan. Namun untuk jenis ikan ibu harus memilihnya jangan sembarangan memberikan menu ikan ini dengan sembarangan kenali jenis ikan tersebut, karena banyak dari berbagai jenis ikan yang menimbulkan alergi terutama bagi bayi yang mash berumur di bawah satu tahun dan untuk jenis sayuran anda bisa memilih jenis sayuran yang terlihat masih segar dan warnanya yang cerah. Untuk memasaknya masaklah dengan cara dan rasa terbaik agar si buah hati menyukainya. Saat memasak pastikan makanan matang sempurna agar si kuman dan bakteri mati. Namun inagt ya bu jangan menggunakan api yang terlalu besar dan waktu yang terlalu lama karena makanan bisa menjadi lembek dan hilang nutrisi yang terkandung dalam sayuran tersebut. Hal penting dan dalam menyiapkan dan mengatur makanan bayi, jangan pernah anda menambahkan peneydap rasa atau MSG, namun tetap ya anda harus memperhatikan cita rasa bagi si bauh hati untuk menambah cita rasa yang alami anda bisa menambahkan bawang putih atau menggunakan seledri sebagi penaburnya agar lebih menggugah napsu makan si  bayi. Yang perlu ibu tahu bahwa penyedap rasa seperti MSG ini dapat menimbulkan kerusakan otak pada si kecil. Setelah matang, biarkan panas makanan hilang lalu cicipi terlebih dahulu. Pastikan makanan yang masuk nyaman di telan olehnya. Sedangkan jika anda memilih makanan jenis instan pastikan anda selalu memeriksa kemasan dan tanggal kadaluarsanya. Jangan memilih produk dengan kemasan rusak dan mendekati tanggal kadaluarsa. Jika anda menyimpan makanan bayi yang sudah di masak untuk di berikan lagi nanti, maka simpanlah di tempat yang bersih dan jauh dari bau yang menyengat. Pastikan jauhkan makanan bayi dari bau durian dan kopi yang dapat mempengaruhi aroma makanan si bayi tersebut.

Pada saat senggang anda luangkan waktu anda sedikit untuk mempelajari kandungan gizi untuk menu makanan si bayi, misalnya dengan mencari tahu kandungan gizi dari menu makanan instan bayi yang akan anda sajikan. Sebelum memberikannya kepada sang bayi anda bisa membaca terlebih dahulu label daftar gizi yang biasanya terdapat pada bagian belakang kemasan produk tersebut. Hindarilah produl makanan insatn yang memilki kandungan perasa buatan yang berlebihan dan sedangkan untuk bahan makanan alami yang anda masak sendiri anda dapat mengetahui dan menakar kandungan gizinya bisa di ketahui dengan memahai prinsip piramida makanan bayi.piramida makanan ini biasanya ada di dalam buku panduan kesehatan bayi. Dengan gizi seimbang tumbuh kembang anak anda pun bisa maksimal dan tumbuh dengan sehat dan cerdas.

Namun tetap ya bu meskipun si bayi sudah mahir dan menyukai makanan padat, untuk pemberian ASI haruslah tetap di berikan, untuk memperlengkap asupan gizi untuknya namun ingat juga apabila usia snag bayi sudah beranjak lebih besar minimal satu tahun setengah ke atas kurangilah asupan ASI untuknya, sebaliknya tingkatkanlah jumlah asupan makanan selain ASI secara perlahan, inagt ya jangan tiba tiba dalam jumlah banyak, supaya pencernaannya mampu untuk beradaptasi dengan baik. Bayi juga seringkali sulit untuk di suapi tapi itulah memang normalnya bayi seusia dua tahunan.

Cara membuat makanan sendiri untuk si buah hati

Makanan Sehat Untuk Bayi

Selain mengkonsumi ASI bayi yang sudah berusia enam bulan atau lebih dari usia enam bulan maka di sarankan untuk mengkosnsumsi berbagai jenis makanan pendukung ASI lainnya. Cara yang paling mudah mungkin nada membeli makanan makanan untuk bayi di supermarket supermarket. Akan tetapi seperti yang telah saya bahas di atas, maka untuk lebih baik dan aman anda bisa membuat sendiri makan bagi si kecil. Pada saat bayi sudah memasuki usia enam bulan, makanan pendamping ASI sangat perlu di butuhkan supaya selanjutnya si bayi dapat menyesuaikan diri dengan berbagai jenis makanan yang lebih padat. Dan untuk hal tersebut, bayi hanya di sarankan untuk mengkonsumsi makanan tersebut di mulai dengan porsi kurang lebih satu sendok makan per sekali makan.

Jenis makanan untuk bayi yang masih berusia enam bulan ke atas pertama memang belum berubah sampai sekarang juga, yaitu bubur susu dan apabila ia sudah menginjak satu tahun ke atas maka di anjurkan untuk di beri bubur tim, supaya ia lebih menikmati menu makannya. Dan untuk biah pilihlah buah buahan yang lembek namun tetap terjamin akan kandungan gizinya seperti pisang, pepaya dan lainyya.

Berikut di bawah ini akan saya jelaskan mengenai menu makanan sehat yang harus di konsumsi di berbagai tingkatan usianya.

  1. Menu makanan bayi pada usia enam bulan

Menu sehari untuk bayi enam bulan :

ASI : sesuka bayi

Mpasi : satu kali sehari untuk minggu pertama ( bisa berupa tepung beras, pure buah, pure sayur, + ASI atau sufor) dan untuk minggu seterusnya anda bisa memberikannya dua kali dalam sehari. Tergantung kemampuan bayi.

Porsi : 2 sampai 3 sendok makan

Jenis makanan : makanan lumat dan berbagai variasi bubur halus

Anda bisa menawarkan antara atau setelah umpan susu. Mulialah dengan menggunakan sendok plastik yang lembut. Makanan padat pertama harusnya bertekstur encer dan halus serta mempunyai rasa yang ringan. Sereal beras merupakan makanan yang sangat baik jika di gunakan sebagai makanan padat pertama karena teksturnya halus dan yang memilki kandungan besi yang tinggi. Campur dengan sedikit ASI atau susu formula

Makanan bubur lainnya yang bisa di perkenalkan adalah sayuran seperti labu, kentang, wortel dan zucchini buah seperti apel , pir, melon, dan pisang. Mulailah dengan satu sampai dua sendok teh makan padat. Dan tingkatkanlah kuantitas menjadi dua sampai tiga sendok makan, kemudian tingkatkan hingga tiga kali sehari sesuai dengan kemampuan bayi. Cobalah salah satu makanan baru pada satu waktu.

  1. Menu makanan bayi pada usia 7 – 8 bulan

Menu sehari :

ASI sesuka bayi

Mpasi : dua sampai tiga kali sehari di campur dengan cemilan satu sampai dua klai sehari bisa berupa jus puddingan dan kue marrie atau pun cookies

Porsi : dua sampai tiga sendok makan

Jenis makanan : makanan lembut, bisa bubur tim saring ataupun bubur tim tanpa saring

Setelah bayi berusia sekitar delapan bulan, kini mereka sudah dapat memakan makanan sereal beras dan beberapa buah buahan serta sayuran yang berbeda beda.  Cobalah anda berikan berbagai menu makanan yang berprotein tinggi dan kadar besi yang lebih tinggi denagn tekstur yang tebal seperti :

  • Daging sapi, ayam dan ikan
  • Telur
  • Kacang merah, kacang hijau, lentil
  • Sereal berbasis gandum
  • Sertakan setidaknya dua sampai tiga pilihan makanan yang berbeda setiap kali makan.

Cobalah untuk menawarkannya secara terpisah, tidak terlalu di campur bersama. Hal ini memungkinkan si kecil untuk mengembangkan preferensi makanan untuk selera yang berbeda.

Antara usia enam sampai si bulan si kecil sudah muali aktif untuk mengunyah maka dari itu ibu perlu memberikan peningkatan tekstur makanan dari makanan halus ke tekstur yang lebih kasar dan kemudian ke tekstur makanan cincang. Memperkenalkan makanan yang di cincang bisa mendorong anak untuk mengunyah dan menggigit, yang pada akhirnya akan membantu kemampuan bicara anak

  1. Menu makanan bayi pada usia 9 – 10 bulan

Menu sehari :

ASI sesuak bayi

Mpasi : tiga sampai empat kali sehari di tambah satu sampai dua kali sehari cemilan

Porsi : sedikitnya 100 – 120 ml / porsi

Jenis makanan: makana lembut yang lebih padat, bisa berupa nasi tim saring

Dengan usia menginjak sembilan bulan pemebrian ASI atau susu formula secara bertahap akan berkurang karena asupan makanan padat yang di makan per setiap makan akan bertambah. Mulailah menawarkan makanan padat sebelum pemberian susu karena makanan merupakan sumber gizi yang lebih utama. Tingkatkan terus variasi makanan yang di tawarkan.

  1. Menu makanan bayi pada usia 12 bulan

Menu sehari :

ASI sesuka bayi

Mpasi : tiga sampai empat hari ditambah cemilan satu sampai dua kali dalam sehari

Porsi : tiga sampai empat kali dalam sehari

Jenis makanan : makanan keluarga, bisa dihaluskan seperlunya

Pada tahap mulai memasuki masa usia 12 bula ini anda bisa mendorong sang bayi untuk mulai bisa makan dengan caranya sendiri.

Nah dan itulah ulasan singkat mengenai berbagai menu makanan sehat untu bayi, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda di rumah yang sedang menyaksikan tumbuh kembang si kecil.

Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply