Cara Mengobati Sariawan Secara Alam

7 Cara Mengobati Sariawan Secara Alami Paling Ampuh

Posted on

Cara mengobati sariawan secara alami ini sangat mudah. Dengan cara dan obat yang sederhana anda dapat mengobati penyakit ini dengan cepat, salah satunya yakni dengan banyak mengkonsumsi berbagai macam buah-buahn yang mengandung vitamin C. Namun tahukah anda bahwa pemciu sariawan ini disebabkan karen berbagai faktor, seperti kurangnya asupan akan vitamin C, vitamin B12, besi selain itu juga disebabkan oleh tidak cocok nya produk pasta gigi yang anda gunakan, serta banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam tinggi. Yang harus anda ketahui jika anda sering mengalami sariawan maka tidak dipungkiri anda mengalami masalah berat pada sistem pencernaan anda. Lalu bagaimana untuk mengobatii masalah sariawan ini, berikut akan saya jelaskan mengenai cara mengobati sariawan secara alami, yang akan menjadi pertolongan pertama anda jika tidak ingin pergi ke dokter atau meminum obat.

Cara Mengobati Sariawan Secara Alam

Namun sebelum beranjak ke pembahasan pokok ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu seperti apa penyakit sariawan itu. Sariawan atau Stomatis Aftosa adalah suatu gejala dimana kelainan yang menyerang selaput lendir mulut, kelainan ini berupa luka yang berbentuk bercak putih kekuningan dengan permukaan agak kecung, gejala yang pertama dari sariawan ini adalah bibir pecah-pecah serta menimbulkan rasa yang sakit pada saat berbicara dan makan. Keadaan ini tentunya sangat mengganggu sekali. Dan langsung saja seperti apa tumbuhan-tumbuhan alami penghalau sariawan ini. Berikut akan saya jelaskan.

Bahan alami untuk mengobati sariawan

  1. Menggunakan daun sirih

Daun sirih selain berguna dalam pengobatan diabetes dan hipertensi, ternyata juga berguna sebagai salah satu penawar dalam emngobati penyakit sariawan. Kandungan didalamnya yang berperan sebagai antiseptik inilah yang membuat daun sirih mampu mengatasi sariawan. Lalu seperti apa cara pengobatannya?, anda bisa langsung menyiapkan beberapa helai daun sirih, cuci dengan air bersih kemudian rebus secukupnya . setelah itu saring dan tambahkan sedikit garam dapur ke dalamnya. Tunggu hingga beberapa menit sampai si larutan air sirihnya dingin, selanjutnya gunakan larutan sirih ini sebagai obat kumur setelah anda emnyikat gigi. Meskuipun akan terasa perih namun tetap lakukan hal ini dua kali sehari sampai sariawan anda membaik. Larutan daun sirih selain sebagai obat sariawan juga dapat membantu menghilangan rasa bau mulut.

  1. Menggunakan kunyit dan gliserin

Rimpang yang satu ini memang banyak sekali khasiat manfaat nya terhadap pengobatan bebrbagai penyakit, bukan hanya pengobatan saja untuk perawatan kecantikan pun kunyit tidak diragukan lagi. Maka dari itu budidayanya pun sanagt luas. Salah satu kegunaan dari kunyit ini sendiri adalah dapat meredakan serta mengobati penyakit sariawan dengan cepat. Caranya sangat sederhana, anda siapkan beberapa ruas kunyit dan parut hingga halus setelah itu tambahkan satu sendok gliserin sebagai zaft tambahan yang akan membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan. Langsung saja setelah tercampur merata anda oleskan pada area bibir yang terkena sariawan. Kandungan antiseptiknya inilah yang akan membuat sariawan anda cepat hilang dan sembuh.

  1. Menggunakan madu

Banyak sekali kegunaan madu yang dapat anda temui didalamnya, dan salah satunya adalah dapat meredakan dan mengobati sariawan dengan cepat. Untuk sariawan ini sendiri memang akan sembuih dengan sendirinya namun tetap saja rasa sakitnya yang menggangu inilah yang akan membuat anda tidak nyaman pada saat makan ataupun berbicara. Nah solusinya anda bisa menggunakan madu sebagai penawar sakit sariawan anda agar lekas sembuh. Oleskan madu murni pada area bibir yang sariawan serta minum madu tiga kali dua sendok makan setiap hari sampai sariawan anda membaik dan sembuh. Madu ini selain dapat emngobati penyakit sariawan masih banyak manfaat lainnya yang akan kamu rasakan apabila sering mengkonsumsi madu.

  1. Menggunakan buah kelapa

Buah kelapa dapat menjadi solusi anda dalam mengobati penyakit sariawan. Untuk kelapa ini sendiri dalam mengobatinya biasa menggunakan sari minyak kelapanya. Dengan mengoleskan minyak kelapa tersebut pada bagian bibir yang luka, lakuakn hal ini dua sampai tiga kali olesan. Cara lain yang bisa anda lakukan dalam memanfaatkan buah kelapa sebagai penawar sariawan adalah dengan cara mengunyak kelapa yang sudah kering yang bisa bermanfaat untuk mengurangi terjadinya peradangan yang akan berujung pada nyeri yang luar biasa sakitnya.

  1. Menggunakan bawang putih

Kandungan dari antiseptik yang diperoleh dari bumbu ini sangat berguna sekali untuk mengusir berbagai jenis bakteri yang ada dalam tubuh, dan salah satunya adalah bakteri yang menyerang peradangan didalam tubuh yang akan berujung pada sariawan. Selain kandungan antiseptik yang dapat mengusir bakteri, bawang putih ini juga memiliki kandungan yang dapat mengusir berbagai jenis virus. Maka dari itu penggunaan bawang putih sebagai penawar sariawan sangat mempercepat sekali proses penyembuahnnya. Lalu seperti apa cara pengobatannya?, sederhana saja iris dua sampai tiga siung bawang putih lalu oleskan pada daerah yang sakit selama kurang lebih satu sampai dua menit, setelah selesai bilas dengan air hangat. Memang akan terasa perih. namun cara ini diyakini sangat ampuh dalam mengatasi penyakit sariawan. Lakuakan hal ini setiap hari sampai sariawan anda benar-benar membaik.

  1. Menggunakan minyak pappermint

Selain minyak kelapa anda bisa menggunakan minyak pappermint sebagai penawar sariawan, caranya sama yakni oleskan minyak pappermint ke area yang terkena sariawan. Lakukan caran ini dua kali dalam sehari selama masa penyyembuhan berlangsung. Diamkan selama 15 sampai 20 menit, setelah itu segera berkumur dengan mengguankan air bersih. Penggunaan dari minyak pappermint sebagai penawar sariawan adalah sebagai pereda perih serta dapat eringankan iritasi pada daerah yang terkena sariawan.

  1. Menggunakan buah tomat

Kandungan dari buah tomat sebagai sumber vitamin A dan C serta berbagai jenis vitamin lainnya dapat menjadi pilihan solusi anda dalam mengobati penyakit sariawan. Dengan cara memperbanyak mengkonsumsi buah tomat dapat membantu mempercepat iritasi pada bibir yang luka, atau apabila dirasa nyeri dalam mengunyah nya bisa anda buat menjadi jus tomat sehingga akan memungkinkan anda untuk tidak terlalu nyeri dalam memakannya.

Baca artikel lainnya : Cara mengobati diabetes secara alami

Cara lain untuk mengobati dan mencegah sariawan terjadi adalah memperbanyak asupan makanan yang mengandung vitamin C serat kandungan zat besi yang dapat  diperoleh dari berbagai jenis buah dan sayur. Dan itulah ulasan singkat yang dapat saya sampaikan mengenai cara mengobati sariawan secara alami yang dapat menjadi pilihan anda dalam mengobati sariawan. Pastikan keadaan mulut anda selalu bersih minimal gosok gigi dua kali dalam sehari untuk menjaga kesehatan mulut dan bibir dari berbagai bakteri dan virus.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Leave a Reply