Memilih bibit jangkrik yang bagus untuk di budidayakan
Sumber Gambar:www.jualo.com

Inilah Cara Budidaya Atau Ternak Jangkrik Yang Menguntungkan

Posted on

Budidaya atau ternak jangkrik akhir-akhir ini marak dijadikan usaha yang menguntungkan. Banyaknya permintaan jangkrik untuk dijadikan sebagai pakan burung, ikan atau pun reftil menjadi salah satu alasan kenapa budidaya jangkrik ini banyak di lirik oleh para pengusaha baik  senior mau pun yang baru memulai usaha sendiri. Membudi dayakan jangkrik tidak terlalu sulit hanya saja anda membutuhkan sedikin kesabaran dan ketelatenan. Nah, pada artikel kali ini admin akan  membahas cara budidaya dan ternak jangkrik yang menguntungkan.

Mengenal jangkrik untuk memudahkan budidaya

Ada istilah tak kenal maka tak sayang. Istilah ini juga berlaku dalam budidaya dan ternak jangkring, untuk membudidayakan jangkring dengan berhasil anda peerlu mengenal dan memahami hewan ini. Jangkrik termasuk kedalam hewan golongan gryllidae, nama latinya adalah gryllus sp. Keberadaannya tersebar di daerah tropis yang menurut penelitian ada lebih dari 1000 spesieus jangkrik.

Di Indonesia penyebaran jangkring ada lebih dari 100 spesies yang tersebar merata disetiap daerahnya.  Habitatnya di daerah yang intensitas cahayanya rendah sehingga sering kali dapat dijumpai di bawa bebatuan, tumpukan kayu-kayu, celah-celah perabotan rumah, dan di bawah naungan dedaunan atau rerumputan seperti di bawah padang rumput, ladang pertanian, dan sebagainya.

Sebagai hewan herbivora, jangkring di habitat aslinya sering memakan dedaunan dan tumbuhan hijau. Sedangkan, dalam budidaya biasanya petani jangkring memberi sayuran hijau yang mengandung banyak air seperti mentimun, sawi, bayam, daun pepaya dan banyak sayuran lainya sebagai asupan makanan jangkrik. Dalam membudi dayakan jangkring perlu diperhatikan beberapa hal yang akan kita bahas pada pembahasan berikut ini.

Cara budidaya jangkrik yang baik dan benar

Budidaya jangkrik memang tidak terlalu sulit. Namun, meskipun begitu untuk menjalankan usaha ini anda harus memiliki persiapan yang  matang. Selain harus mengenal banyak hal tentang jangkrik anda juga harus memperhatikan hal-hal berikut:

  1. Mempersiapkan kandang jangkrik
Mempersiapkan kandang untuk ternak jangkrik
Mempersiapkan kandang jangkrik

Sama halnya dengan ternak hewan lain, hal pertama yang harus diperhatikan dalam membudidayakan jangkrik adalah menyiapakan kandang penangkaran yang layak dan sesuai. Untuk membuat kandang  jangkrik mudah saja, anda bisa menggunakan barang yang ada di sekitar rumah seperti kardus bekas, kayu atau pun triplek. Dalam membuat kandang jangkrik yang benar harus diperhatikan hal-hal berikut :

  • Kandang harus bisa melindungi jangkring dari pemangsa
  • Bentuknya harus memudahkan untuk mengontrol pertumbahan jangkrik
  • Kandang harus dibuat nyaman untuk jangkrik ( buat seperti habitat aslinya )
  • Kandang harus memiliki sirkulasi udara yang cukup
  • Usahakan kandang tidak terkena cahaya matahari langsung.

Nah, setelah memahami hal-hal yang mharus diperhatikan dalam menyiapkan kandang jangkrik, sekarang kita akan belajar cara membuat kandang jangkrik yang benar. Berikut pembahasanya :

Bahan yang harus dipersiapkan :

  • Triplek
  • Paku kecil
  • Kayu Kaso Kecil / kayu reng
  • Lem Kayu
  • Lakban Coklat yang besar ( ukuran 44 mm )
  • Gunting, gergaji

Langkah-langkah yang harus dikerjakan :

  • Setelah menyiapkan alat dan bahan lakukan langkah pertama dengan membentuk triplek menjadi balok tanpa tutup dengan ukuran P x L x T = 50cm x 60cm x 120cm.
  • Usahakan setiap pojoknya tidak memiliki celah dengan memberikan lem untuk perekatnya.
  • Beri pinggiran atas bagian dalam dengan lakban coklat. Fungsinya agar jangkrik tidak bisa merayap terus ke atas.
  • Jangan lupa untuk kandang kaki dari kandang jangkrik beri jarang Min 20 Cm dan beri mangkuk yang diisi air dan garam, untuk menghindari semut, alternatif lain silahkan beri Lem tikus.
  1. Memilih bibit jangkrik yang bagus
Memilih bibit jangkrik yang bagus untuk di budidayakan
Sumber Gambar:www.jualo.com

Selain kandang yang harus sesuai, untuk menghasilakan budidaya jangkrik yang sukses juga harus diperhatikan dalam pemilihan bibitnya. Sebenarnya spesies jangkrik yang bisa dibudi dayakan sangat banyak, namun yang banyak digunakan adalah spesies G. miratus dan G. testaclus. Anda bisa mendapatkan bibit jangkrik tersebut di toko penjual pakan hidup. Supaya jangkrik yang anda budidayakan berkembang dengan baik, anda harus memilih bibit induk jangkrik yang baik untuk dibudidayakan. Untuk memilihnya anda harus mengetahui ciri-ciri induk yang baik dibudi dayakan sebagai berikut :

  • Jangkrik memiliki sungut dan antenna yang masih panjang.
  • Anggota tubuh mulai kaki sampe kepala masih lengkap.
  • Dapat melompat secara tangkas, gesit dan kelihatan sehat
  • badan dan bulu memiliki warna hitam mengkilap
  • pilihlah indukan yang besar
  • Pilih jangkrik yang mengeluarkan cairan dari mulut dan duburnya jika dipegang.
  • Untuk induk jantan pilihlah jangkrik yang sering mengerik, prmukaan sayap dan punggung jangkrik kasar bergelombang dan tidak memiliki ovisitor di ekor.
  • Untuk induk betina pilihlah jangkrik yang tidak mengerik, permukaan sayap atau punggung halus, terdapat ovipositor di bawah ekor yang berfungsi untuk mengeluarkan telur.
  1. Cara mengawinkan dan reproduksi jangkrik
Cara mengawinkan dan reproduksi jangkrik untuk di budi dayakan atau di ternakan
Cara mengawinkan dan reproduksi jangkrik

Jangkrik bereproduksi seperti halnya manusia yaitu dengan mengawinkan induk jantan dengan induk betina. Usahakan agar tempat pengawinan jangkrik ditempatkan terpisah dari tempat pembesaran anakan. Buatlah tempat pengawianan jangkrik yang diusahan sama dengan habitatnya. Untuk membuat kandang yang sesuai dengan habitat asli anda bisa menggunakan tanah liat untuk melapisi dindingnya, dan alasnya bisa menggunakan dedaunan kering dan ranting kecil.

Indukan jangkrik bisa memproduksi telur dengan daya tetas yang tinggi kurang lebih 80-90 %, jika diberikan makanan yang bergizi tinggi. Adapun untuk makanannya tergantung dari peternaknya itu sendiri, namun lebih baik anda memberikan makanan seperti ketan hitam, bekatul jagung, tepung ikan, kuning telur bebek, dan bisa ditambahkan vitamin jika diperlukan.

Untuk proses kelahiran siapakan kandang yang dilapisi dengan pasir, sekam atau handuk yang lembut untuk tempat penetasan telur. Masukkan telur ke dalam satu kandang menggunakan 1-2 sendok teh, dengan perkiraan 1500-2000 butir telur per sendoknya.

  1. Cara menetaskan jangkrik
Cara menetaskan jangkrik untuk di ternak atau di budidayakan
Sumber Gambar : www.jangkrikalamraya.wordpress.com
  • Setelah telur diterima,di angin-angin kan beberapa waktu untuk mengeringkan telur dari lembab selama perjalanan.
  • Setelah telur kering, taruh dalam koran,dianjurkan dobel korannya dan buat takaran max 0,5kg tiap bagian, setelah itu jadikan satu ujung-ujung dari koran tersebut.
  • Masukkan dalam tas kresek atau toples,jangan di tali mati/di tutup rapet.
  • Setelah 2 atau 3 hari coba di cek kondisi telurnya,kalau warna sudah berubah coklat tua dan sudah kelihatan tunas matanya atau sudah ada 1 atau 2 telur yang sudah menetas,dalam kondisi tsb telur sudah siap di pindah ke media penetasan.
  • Buat media penetasan koran / kardus dalam box penetasan,taruh dan ratakan telur yang sudah siap menetas,setelah itu ditutup dengan dedaunan,bisa daun pisang,daun jati atau daun lainnya.
  • Kondisi normal setelah semalam telur sudah banyak yang menetas,tunggu sampai 2 hari sampai telur menetas semua/buntas.
  • Anak jangkrik umur 1 hari sudah memerlukan makanan,pakan yang diberikan pur ayam yang diselep halus,juga sayuran seperti sawi putih,kubis dan sayur hijau lainnya untuk minumnya.
  • Kualitas pakan dan kebersikan kandang merupakan faktor penting demi keberhasilan dalam pembesaran jangkrik.
  1. Memberi makan jangkrik
memberi makan jangkrik untuk di ternakan
memberi makan jangkrik

Pemberian pakan pada jangkrik adalah salah satu faktor penentu berhasila atau tidaknya budidaya jangkrik. Pemberian makan di berikan sejak telur jangkrik menetas. Makanan yang bagus untuk anakan jangkrik adalah sayuran hijau yang banyak mengandung air.

  1. Cara dan waktu panen jangkrik
Cara dan waktu panen jangkrik
Cara dan waktu panen jangkrik

Dalam pemanenan jangkrik bisa dilakukan dengan dua cara yaitu memanen dalam bentuk telur atau jangkrik dewasa. Telur jangkrik biasanya dijual kepada petani lain yang ingin membudi dayakan jangkrik harganya biasanya akan lebuh mahal dari jangkrik dewasa. Jika ingin memanen jangkrik dewasa biasanya di panen setelah umur 30 hari yang terhitung sejak jangkrik menetas.

Itulah sedikit pembahasan tentang cara membudidayakan ternak jangkrik. Tidak terlalu sulit bukan? Semoga artikel ini dapat memberikan informasi bagi anda yang ingin memulai bisnis dengan membudi dayakan jangkrik. selamat mencoba!

One thought on “Inilah Cara Budidaya Atau Ternak Jangkrik Yang Menguntungkan

Leave a Reply