Pemilihan induk ikan lele untuk di budidayakan
Pemilihan induk ikan lele

Cara Budidaya Atau Ternak Ikan Lele Yang Menguntungkan

Posted on

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan tawar yang sangat populer dikalangan masyarakat kita, selain memilki rasa yang gurih dan lezat lele ini pun harga jualnya standar dengan ekonomi kalangan bawah juga, saat ini ikan lele sudah menjadi salah satu makanan yang sangat elit sudah banyak restoran-restoran di Indonesia yang menyajikan menu makanan yang satu ini, mengapa demikian ? karena penyajian nya lah yang menarik serta dari rasanya yang lezat sehingga masyarakat sangat menyukainya serta mereka sudah mengetahui akan kandungan gizi yang terdapat pada lele sanagtlag besar.

Budidaya lele memberi respon yang sanfat baik, karena permintaan pasar yang meningkat an terus bertambah sehingga memunculkan para pembisnis untuk membudidayakan ikan lele ini. Nah bila anda ingin mencoba salah satu peluang bisnis yakni budidaya ternak ikan lele, disini saya akan membagikannya untuk anda yang sedang mancari informasi mengenai cara pembudidayaannya dengan baik dan benar. Namun sebelum anda melakukan ternak lele ini harus ada beberapa hal yang harus wajib anda ketahui agar ternak budidaya yang anda lakukan tidak sia-sia. Berikut hal-hal yang harus anda perhatikan dalam pebudidayaan ikan lele serta cara memilih ikan lele yang bermutu baik.

Budidaya Atau Ternak Ikan Lele

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembudidayaan ikan lele :

  • Perhatikan jumlah ikan lele dan luas kolam yang akan anda pakai sebagai media ternaknya, kolam yang terlalu kecil dengan jumlah lele yang terlalu banyak akan sangat mengganggu pertumbuhan lele itu sendiri
  • Untuk 100 ekor lele anda haru menggali tanah seluas 1×1,5m, pastikan anda memilih teroal dengan kualitas baik yang tahan air selama 3 bulan
  • Isi kolam lele dengan air yang berisis flankton secara langsung atau nada juga bisa membuatnya sendiri, caranya mudah anda tinggal mengambil kotoran sapi dan diamkan didalam kolam selama satu minggu sampai air berubah menjadi keruh kehijauan.
  • Ikan lele dapat hidup dengan suhu air 20 derajat Celcius sampai 28 derajat celcius
  • Kolam ikan lele tersebut pastikan terhindar dari limbah industri
  • Permukaan kola sebaiknya tertutup.

Ciri-ciri bibit ikan lele yang baik :

  • Kulit sempurna tanpa cacat, bila ada beberapa lele yang lecet atau pun borok, singkirkan dari kolam agar tidak menular pada lele yang lainnya, pastikan warna kulit lele tersebut harus sama yakni hitam kecoklatan.
  • Bibit lele yang sehat biasanya memilki gerakan yang sangat lincah, jangan samapai anda memilih bibit yang lemas atau kurang lincah itu menandakan bahwa lele kurang baik atau sedang sakit.
  • Benih lele yang sehat adalah lele yang mempunyai bentuk dada lengkap tanpa cacat dan bisa melawan arus, bila anda miringkan tempat benih lele tersebut ia akan berkerah melawan arah air.

Nah setelah nada memahami semua tips dalam pembudidayaan ikan lele kini anda dapat mempraktikannya sendiri dengan cara anda sendiri juga, saya akan membagikan bgaaimana cara mengoalh dan membudidayakan ikan lele yang baik dan benar.

Cara budidaya ikan lele yang baik dan benar :

  1. Siapkan kolam untuk ternak ikan lele
Siapkan kolam untuk ternak ikan lele
Siapkan kolam untuk ternak ikan lele

Siapkan lahan kola yang cukup luas dan pastikan peternakannya agak jauh darilingkungan warga karena peternakan ikan lele ini menibulkan bau yang tidak sedap, setelah anda menyiapkan lahan keruk tanah sedalam 80cm, masukan terpal dan pastikan posisinya sama dengan kerukan. Lakukan pengapuran dengan menggunakan kapur dolomit hal ini bertujuan untuk mengembalikan keasaman tanah dan membunuh berbagai bibit-bibit penyakit. Selanjutnya masukan air ke dalam kolam, mula-mula masukan air setinggi 30cm dan bairkan selama 3 sampai 4 hari hal ini bertujuan untuk menumbuhkan plankton sebagai pakan alami ikan lele.

  1. Pemilihan induk ikan lele
Pemilihan induk ikan lele untuk di budidayakan
Pemilihan induk ikan lele

Tadi telah saya bahas mengenai ciri dari bibit lele yang baik kini akan saya kini akan saya jelaskan mengenai pemilihan antara ikan lele betina dan jantan.

Ikan lele betina memilki ciri-ciri :

  • Alat kelamin betina berbentuk bulat
  • Warna badan lebih cerah
  • Perut mengembang lebih besar
  • Tulang kepala berbentuk agak cembung

ikan lele jantan memiliki ciri-ciri :

  • Alat kelaminnya berbentuk runcing
  • Warna lebih gelap
  • Gerakan lebih lincah
  • Tulang kepala berbentuk pipih
  • Perut ramping tidak terlihat lebih besar daripada punggung
  1. Pemijahan ikan lele
budidaya ikan lele
Pemijahan ikan lele

Pemijahan adalah proses perkawinan antara induk betina dan induk jantan. Tanda-tanda induk jantan yang sudah mulai usia kawin adalah alat kelainnya yang berwarna merah dan untuk induk betina ditandai dengan sel telur yang berwarna kuning jika belum matang biasanya berwarna kehijauan. Sel telur yang dibuahi akan menempel pada sarang dan dalam waktu 24 jam akan menetas menjadi seekor anak lele.

  1. Pemindahan benih ikan lele
Pemindahan benih ikan lele untuk di budidayakan
Pemindahan benih ikan lele

Setelah anda melakuka proses pemijahan hal yang harus anda lakukan selanjutnya adalah proses pemindahan benih lele, dengan cara kurangi air dikolam selama 10 sampai 20cm, siapkan tempat penamapungan ember atau bak yang diisi dengan air koalm, samakan suhu kedua kolam, pindahkan benih dari kolam penampungan ke kolam pendederan dengan hati-hati dan pastikan lakukan pada malam hari.

  1. Pendederan ikan lele
Pendederan budidaya ikan lele
Pendederan ikan lele

Proses ini adalah proses pembesaram hingga ukuran lele siap jual dipasaran yaitu antara panjang 5 sampai 7 cm, 7 – 9 cm dan 9 – 12cm dengan harga yang berbeda pula pastinya. Kolam pedederan biasanya diatas kolamnya diberi pelindung berupa eceng gondok atau penutup dari plastik untuk menghindari naik permukaan suhu air yang menyebabkan ikan lele tersebutvstres sehingga akan mudah sakit. Pemberian pakan dapat dilakukan pada tahap ini.

  1. Pemberian pakan untuk anak ikan lele
Pemberian pakan untuk anak ikan lele yang di budidayakan
Pemberian pakan untuk anak ikan lele

Yang harus anda jalankan kembali yakni proses pemberian pakan bagi ikan lele. Pakan alami yang digunakan pada pemberian pakan ikan lele yang berumur 3 sampai 4 hari adalah berupa plankton, cacing kecil, kutu air dan jentik-jentik sedangkan pakan buatan untuk anakan lele yang berumur 3 – 4 hari. Pemberian pakan untul ikan lele harus yang memiliki kandungan nutrisi dan protein yang tinggi.

Baca artikel lainnya : Cara Budidaya Atau Ternak Belut Yang Baik Dan Benar

Nah itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk memulai bisnis dengan membudidayakan ternak ikan lele, dengan mengetahui cara pembudidayaannya semoga dapat membantu anda dalam menjalankan ternak ikan lele yang satu ini. Sekian dan terimakasih semoga dapat bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi mengenai hal-hal yang telah saya sampaikan.

One thought on “Cara Budidaya Atau Ternak Ikan Lele Yang Menguntungkan

Leave a Reply