Cara Budidaya Semut Jepang

Cara Budidaya Semut Jepang Yang Mudah dan Menguntungkan

Posted on

Cara budidaya semut jepang akhir akhir ini mungkin merupakan salah satu informasi yang bayak di  vari oleh para petani budidaya. Semut  jepang ini  mulai di kenal sejak seoranng petani budidaya semut  jepang asal pasuruan masuk  salah  satu acara televisi karena  usaha budidaya yang di jalakannya.

Akhir akhir ini semut jepang mulai banyak di bicarakan oleh masyarakat karena  khasiatnya untuk kesehatan yang sangat dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit dan berbagai keluhan yang di rasakan oleh tubuh. Sejak ramai di bicarakan, maka otomatis permintaan pasar terhadap produksi semut jepang lumayan meningkat.

Karena itu pun, budidaya semut jepng sekarang dipandang sebagai usaha yang sangat menjanjikan. Namun, karena  kurangnya pengetahhuan mengenai cara membudidayakan semut jepang ini, menjadikan para petani gagal dengan usahanya.

Nah, berdasarkan masalah tersebut, maka  pada  artikel ini admin akan sedikit  berbagi informasi mengenai cara budidaya semut jepang yang baik dan benar.

Mengenal tentang semut jepang

Cara Budidaya Semut Jepang

Sebelum membahas  lebih lanjut tentang cara budidaya semut  jepang, ada  baikny jika kita  terlebh dahulu mengetahui dan mengenal segala hal tentang semut jepang. Mulai ciri ciri, sifat hingga manfaatnya. Hal ini dimaksudkan  supaya anda  lebih mudah dalam membudidayakannyakan hewan yang banyak berkhasiat ini.

Semut jepang adalah salah satu serangga yang akhir akhir ini eksis dan di kenal sebagai salah satu obat alami yang di gadang gadang mampu mengobati berbagai penyakit. Meski pun di kenal dengan nama semut jepang, ciri ciri yang terlihat pada ciri fisiknya serangga ini sama sekali tidak menunjukan ciri ciri semut namun lebih cocok dengan ciri ciri kutu.

Serangga ini di jepakng lebih di kenal dengan nama  ari yang dapat di artikan secara harfiah yakni serangga kesetiaan. Serangga yang dikenal dengan nama latin Tenebrio molitor ini di jepang terdapat lebih dari 200 semut jepang yang berbeda beda .

Ciri ciri semut jepang itu sendiri sebagai berikut :

  • Yang telah dewasa berwarna hitam gelap
  • Berkaki 6, dengan ruas terdiri dari ruas kepala (head), leher (thorak)dan badan (abdomen). Ruas abdomen lebih besar.
  • Bentuknya hampir mirip kutu beras tetapi kutu beras yng tidak ada moncongnya.
  • Berbadan keras
  • Ukurannya kecil sekitar 1-2 cm
  • Pada sayapnya terdapat garis-galis lurus.
  • Bersayap tetapi tidak dapat terbang
  • Hidup berkelompok
  • Suka reproduksi
  • Bukan hewan kanibal
  • Suka hidup pada ragi

Tata  nama semut jepang :

Kingdom            : Animalia (Animals)

Phylum             : Arthropoda (Arthropods)

Class              : Insecta (Insects)

Order              : Coleoptera (Beetles)

Suborder          : Polyphaga (Water, Rove, Scarab, Longhorn, Leaf and Snout Beetles)

Superfamily         : Tenebrionoidea (Fungus, Bark, Darkling and Blister Beetles)

Family              : Tenebrionidae (Darkling Beetles)

Subfamily           : Tenebrioninae

Tribe               : Tenebrionini

Genus               : Tenebrio (Mealworm beetles)

Species             : Tenebrio molitor (yellow mealworm)

Cara mengembang biakan semut jepang

Setelah mengenal tentang semut jepang, kini saatnya kita membahas bagaimana cara membudidayakan semut jepang. Membudi dayakan semut jepang sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Alat dan bahan yang di perlukan pun sangat sederhana. Nah berikut ini cara  membudidayakan semut jepang  :

Alat dan bahan yang di perlukan :

  • Bibit semut jepang
  • Wadah untuk tempat perkembangbiakan semut jepang, bisa menggunakan toples plastik bekas kue .
  • Kapas wajah untuk tempat bertelur semut jepang
  • Ragi kue sebagai makanan utama semut jepang

Cara membudidayakan semut  jepang 

  • Setelah semua alat dan bahan yang di butuhkan terkumpul semua, lakukan langskah pertama dengan menyiapakan toples kemudian lubagi bagian tutupnya. Lubang tersebut dibuat sebagai ventlasi udara supaya nantinya semut jepang yang di masukan ke dalam toples tetep bisa bernapas dan tidak mati.
  • Setelah itu, masukan kapas ke dalam toples hingga ¾ toples. Cara penyimpanannya usahakan tidak terlalu padat.
  • Setelah langkah kedua berhasil di lakukan, masukan bibit semu jepang ke dalam toples dan jangan lupa masukan ragi kue sebagai makanan utamannya.
  • Setelah itu, anda tingga nunggu semut jepanya berkembang biak.
  • Jangan lupa untuk mengganti kapas jika kapasnya telah berwarna gelap.

Setelah dilakukan langkah langkah tersebut, biasanya semut  jepang akan memerlukan waktu tiga sampai empat minggu untuk berkembang biak. Biasanya dari 10 semut jepang akan berkembang menjadi dua ratus ekor semut jepang.

Dalam budidaya semut jepang ini, anda  tidak perlu melakukan perawatan khusus hanya perlu rutin memberikan ragi kue atau pun roti tawar setiap minggunya untuk bahan makanan semut jepang tersebut.  Untuk hasil lebih banyak, anda dapat membeli bibit yang lebih banyak dan kemudian memperkembang  biakkannya untuk di jual.

Manfaat damn khasiat semut jepang

seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, semut  jepang  merupakan seranggga yang kaya akan manfaat dan khasiat dalam mengobati berbagai penyakit. Nah, apa saja manfaat dan khasiatnya tersebut ? berikut ini merupakan mafaat dan khasiat semut jepang :

  • Menurunkan kolesterol. Caranya dengan mengkonsumsi semut jepang sebanyak 5 ekor yang di minum 2 kali sehari. Kemudian kurangi jumlah konsumsi setelah dirasa  kolesterol menurun.
  • Mengobati dan meringankan penyakit jantung. Cara mengkonsumsinya sama dengan menurunkan kolesterol.
  • Mengkonsumsi semut jepang 5 ekor yang di minum 2 kali sehari dan dilakukan dalam jagka waktu satu bulan dapat menstabilkan gula dalam darah sehngga dapat meringankan pada penderita diabetes.
  • Menurukan tekanan darah pada penderita hipertensi
  • Dapat menambah vitalitas pada pria dan wanita. Caranya dengan mengkkonsumsi semut jepang sebanyak  5 ekor  yang di minum setiap hendak istirahat pada  malam hari.
  • Meringankan penyakit hati.

Berbagai manfaat dan khasiat yang saya Bahas di atas, tentunya hanya sebagian kecil karena masih banyak khasiat yang tidak bisa saya bahas  kali ini. Dari banyaknya khasiat, tentunya mengkonsumsi semut jepang juga tidak terlepas dari efek samping yang dirasakan pada tubuh. Namun, efek samping ini tidak terjadi pada semua orang.

Efek samping ini biasanya berupa  rasa ngilu ngilu pada tubuh yang akan di rsakan setelah mengkonsumsi semut  jepang secara berlebihan. Nah, untuk menghindariefek smaping ini, anda perlu memiliki ukuran yang pas untuk mengonsumsi semut ini, konsumsi Dalam jumlah yang sewajarnya atau jangan berlebihan.

Nah, itulah sedikit pembahasan tenang cara membudidayakan semut jepang. Dalam jumlah kecil, membudidayakan semut  jepang ini dapat bermanfaat untuk di konsumsi sendiri. Sedangkan dalam jumlah besarnya, anda dapat menjadikan hal ini sebagai lahan bisnis yang sangat menjanjikan.

Setelah berhasil membudidayakannya, anda dapat menjualnya sebagai obat kepada orang yang membutuhkan. Atau bahkan anda juga bisa menjual bibit semut jepang untuk orang yang ingin  mulai membudidayakan serangga berkhasiat ini.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi tentang cara budidayakan semut jepang. Selamat  mencoba dan good luck. Terikamasih

Leave a Reply